Searching...
Kamis, 20 Mei 2010

Download Cara Paling Mudah Menyelesaikan Rubik’s Cube 3×3×3

1. Gambaran Umum
Rubik’s Cube merupakan sebuah kubus yang terdiri dari : 2 layer (Junior Cube), 3 layer (Rubik’s Cube), 4 layer (Revenge Cube), 5 layer, 6 layer, dsb. Setahu saya sampai 20 layer (20×20×20), ada juga Magic Cube, Rubik’s 360°, dll. Kali ini saya hanya akan membahas cara menyelesaikan/solving rubik’s cube 3×3×3.
2. Cara Menyelesaikan Rubik’s Cube

Rubik’s Cube terdiri dari bagian tengah/center (bagian ini tidak dapat berpindah tempat), bagian tepi/edge (bagian ini berjumlah 12 buah, terletak diantara corner), dan bagian sudut/corner (bagian ini berjumlah 8 buah dan memiliki 3 warna). Untuk menyingkat dan mempermudah mengingat untuk menyelesaikan rubik, kita gunakan notasi yaitu:
- R= Right (Sisi Kanan)
- L= Left (Sisi Kiri)
- F= Front (Sisi Depan)
- B= Back (Sisi Belakang)
- U= Up (Sisi Atas)
- D= Down (Sisi Bawah)
Untuk huruf yang bertanda apostrof (') arah putarannya berlawanan arah jarum jam sebesar 90°, huruf yang biasa, arah putarannya searah jarum jam sebesar 90°, Untuk huruf yang diikuti angka 2 arah putarannya boleh searah/tidak searah jarum jam sebesar 180°, contoh: F2, L2, dsb.
Dalam metode beginner sebenarnya hanya diperlukan 6 alogaritma untuk menyelesaikan sebuah rubik’s cube, tetapi saya akan menambahkan 1 alogaritma yang sebaiknya anda kuasai. Sedangkan step yang dilewati ada 3, yaitu: menyelesaikan layer 1, kemudian 2, kemudian 3, maka dari itu metode beginner ini sering disebut LBL/ Layer By Layer Method.

Klik Link di bawah ini untuk mendownload Cara Solving Rubik’s Cube dengan 7 alogaritma.

DOWNLOAD

0 komentar :

Poskan Komentar

 
Back to top!